Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Lain Soda Kue dan Cuka, Ternyata Bisa Untuk Membersihkan Dapur Lebih Bersih

Unsplash.com/Marcin Galusz


Dapur adalah area penting rumah yang sering kita kunjungi. Bagaimana tidak, kita sering ke dapur untuk memasak, mencuci piring, menyimpan bahan-bahan makanan hingga berkumpul dengan keluarga untuk melangsungkan makan bersama dan lain-lain.
Tentu saja meja dapur bisa sangat kotor karena digunakan terus menerus, apalgi jika jarang dibersihkan pastinya noda tersebut akan semakin sulit untuk dibersihkan. 

Maka dari itu, kita perlu menjaga dapur agar tetap bersih sehingga bisa melakukan aktivitas dengan nyaman dan aman. 

Biasanya, orang-orang menggunakan cairan tertentu untuk membersihkan dapur. Namun, ternyata beberapa bahan dapur juga bisa digunakan loh untuk menghilangkan noda-noda membandel. 

Dilansir dari Hello Nest, berikut adalah jenis bahan dapur yang bisa digunakan sebagai pembersih seperti baking soda dan cuka. 

1. Larutan pembersih dengan cuka
Cuka, bisa digunakan untuk membersihkan dapur. Asam alami pada cuka bersifat keras sehingga mamlu membersihkan noda, bakteri, virus meja, lantai, wastafel dan toilet.

Karena cuka juga memiliki sisi negatif, yaitu berbau tidak sedap. Maka, anda juga bisa menambahkan wewangian seperti minyak esensial lavender. 

Selain itu, anda juga bisa membuat racikan kulit jeruk yang direndam dengan cuka. Hal itu dapat mengestrak pelarut alami yang kuat yang bisa ditemukan pada kulit jeruk yang bisa kita sebut dengan lemonile. Larutan ini juga bisa untuk membersihkan dapur. 

2. Baking soda 
Baking soda atau soda kue memiliki kandungan yang bersifat basa dan pembersih alkali, ini cocok untuk membersihkan noda membandel pada permukaan tertentu, contohnya pada pantat wajan.

3. Alkohol
Jika meja dapur anda berbahan granit atau marmer, maka hindari pembersih cuka. Larutan cuka bisa menggores permukaan granit atau marmer tersebut sehingga tidak disarankan untuk mencobanya. 

Namun, anda bisa menggunakan sabun Castile atau alkohol untuk menggosok bagian yang kotor karena bahan tersebut aman dan mampu menjaga permukaan lantai anda dengan baik. 

4. Cuka dan hidrogen peroksida
Apakah anda akan merasa khawatir jika pembersih anda menempel pada makanan atah meninggalkan residu berbahaya? Menggunakan cuka dan hidrogen peroksida secara bersamaan 10 kali lebih efektif daripada memilih menggunakan salah satu dari semprotan itu sendiri.

Menggunakan semprotan ini lebih aman disekitar anak-anak dan makanan. Cukup semprotkan larutan secukupnya pada bagian yang terdapat noda, lalu anda akan melihat perubahannya. 

Neni Virginia
Neni Virginia Just a student not blogger. Thanks for visit my page, dan jangan lupa subscribes. BIG THANKS!

Post a Comment for "Manfaat Lain Soda Kue dan Cuka, Ternyata Bisa Untuk Membersihkan Dapur Lebih Bersih"