Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahukah Anda, Ternyata Mengkonsumsi Jahe Berlebihan itu bisa Berdampak Fatal loh!

Unsplash.com/Bluebird Provisions


Jahe merupakan jenis tanaman yang dipercaya khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, banyak juga makanan yang menggunakan bahan dasar jahe untuk menambah cita rasa agar terasa lebih nikmat. 

Seduhan jahe dimusim dingin bisa menghangatkan tubuh hingga mampu menambah sistem imun. Namun, tahukah anda jika jahe juga memiliki sisi negatif? Dengan kata lain, manfaat tersebut tidak akan berfungsi dengan baik jika dikonsumsi secara berlebihan pada orang yang memiliki kondisi medis seperti dibawah ini yang telah dilansir dari boldsky :

1. Bumil

Jahe akan bermanfaat bagi bumil (ibu hamil) jika dikonsumsi dengan wajar karena mampu meredakan mual dan muntah selama kehamilan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan menyebabkan kontraksi dini yang bisa mengakibatkan permasalahan seperti keguguran atau kelahiran bayi prematur. Hal itu karena kandungan yang ada pada jahe sendiri, yaitu stimulan alami yang kurang baik jika bumil overdosis mengkonsumsi jahe.

2. Hilang nafsu makan

Jika anda sedang mengikuti program penambahan berat badan/bertubuh kurus, maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi jahe. Hal ini dikarenakan gingerol dalam jahe berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga akan mengurangi nafsu makan. Selain itu, jahe juga mampu membakar kalori dengan cepat, sehingga akan menyebabkan seseorang bisa menekan porsi makanan jadi lebih sedikit daripada sebelumnya. 

3. Penderita batu empedu

Menurut penelitian, jahe tidak baik dkonsumsi berlebihan pada orang yang memiliki penyakit batu empedu. Hal itu dikarenakan kandungan jahe dapat memicu hati untuk menghasilkan lebih banyak cairan empedu sehingga menyebabkan batu kandung empedu akan terbentuk dengan cepat.

4. Gangguan darah

Dalam beberapa hal jahe bisa menjadi obat pereda nyeri, kandungan yang ada di dalam jahe juga mampu melancarkan aliran darah secara menyeluruh pada organ tubuh. Namun jika anda sedang menjalani pengobatan seperti pembekuan darah atau pengenceran darah maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi jahe berlebihan karena bisa mengakibatkan epistaksis / kadar darah yang berlebihan.

5. Wasir

Kandungan yang terdapat dalam jahe diyakini mampu meredakan rasa nyeri pada peradangan, dan wasir. Tapi menurut penelitian jahe akan dapat menimbulkan rasa gatal, nyeri, bengkak, pada penderita ambeien. Hal ini juga bisa memicu terjadinya pendarahan yang tinggi sehingga bisa memperburuk keadaan. 

6. Ginjal

Bagi orang yang memiliki penyakit ginjal sebaiknya mengurangi konsumsi jahe karena jahe mengandung senyawa 'kreatinin' yang bisa menimbulkan penyakit ginjal kronis.

7. Artritis

Artritis merupakan penyakit peradangan pada sendi yang bisa menyebabkan rasa kaku dan nyeri yang parah seiring usia. Memang, jahe digunakan untuk meredakan penyakit jenis ini karena kandungan anti-inflamasinya. Namun, ada beberapa produk pasar yang bisa memperburuk peradangan jika konsumsi yang berlebihan. 

Neni Virginia
Neni Virginia Just a student not blogger. Thanks for visit my page, dan jangan lupa subscribes. BIG THANKS!

Post a Comment for "Tahukah Anda, Ternyata Mengkonsumsi Jahe Berlebihan itu bisa Berdampak Fatal loh!"