Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Penyebab Insomnia Agar Tidur Lebih Nyenyak

Unsplash.com/Alexandra Gorn


Tidur merupakan kebutuhan terpenting bagi tubuh yang harus dipenuhi. Jika kita sudah berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, jika tidak diimbangi dengan pola tidur yang baik, bisa saja menyebabkan kondisi kesehatan yang belum optimal. 

Beberapa ahli mengatakan jika tidur adalah hal yang perlu dijadikan prioritas utama. Kurang tidur, dapat menimbulkan masalah seperti
  • Ngantuk berlebihan
  • Kurang semangat menjalani hari
  • Sensitif, sehingga mudah marah
  • Rendahnya konsentrasi
  • Menyebabkan penyakit ringan hingga serius seperti, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi hingga stroke
  • Menurunkan imunitas tubuh

Untuk mengatasinya, kita perlu mengetahui penyebabnya agar dapat mengkontrol dan meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan.

Jika anda sedang susah tidur, berikut macam-macam penyebab tidur dan cara mengatasinya. 

1. Suhu kamar tidak cocok
Menurut psikologis klinis dan ahli tidur, Michael J Breus, PhD melalui situsnya, thesleepdoctor.com, jika tubuh terlalu hangat dimalam hari maka akan memungkinkan kesulitan untuk tidur dan mencapai fase Rapid Eye Movement (REM). 

Suhu ruangan yang dianjurkan adalah 18 derajat celcius. Jadi, pastikan kamar anda sejuk sebelum tidur ya! 

Alasan lain adalah suhu tubuh. Suhu tubuh yang rendah saat malam hari, memudahkan kita untuk tidur lebih cepat. 

2. Mengalami stress atau depresi
Jika kita mengalami stress, tubuh akan merasa sangat lelah. Padahal, yang sebenarnya merasa lelah adalah pikiran kita bukan fisik kita. Saat itu juga, terkadang tidur adalah solusi dari permasalahan itu. Alih-alih cepat tertidur pulas, justru orang yang merasa stress akan mengalami insomnia. 

Jika anda sedang berada di fase ini, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan saran obat yang tepat. 

3. Alkohol
Menurut pakar kesehatan, meminum alkohol tidak baik bagi tubuh. Hal itu dikarenakan saat alkohol diminum, maka akan tubuh akan mengalami efek rebound. Artinya, tubuh akan bertransisi dari tidur yang nyenyak ke tidur yang lebih ringan. 

Kondisi ini menyebabkan seseorang akan lebih banyak terjaga sepanjang malam, sehingga besar kemungkinan akan mengalami insomnia

4. Kafein
Seperti yang kita ketahui, umumnya kafein terdapat pada kopi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa coklat bisa juga mengandung kafein yang menyebabkan insomnia. Selain membuat insomnia, kafein juga bisa menyebabkan
  • kegelisahan 
  • kram perut
  • sering kencing
  • denyut jantung meningkat 

Jadi, usahakan jangan minum kafein sebelum tidur. Namun, anda bisa menggantinya dengan susu atau teh. Membatasi mengkonsumsi kafein juga bisa membantu tidur lebih nyenyak, misalnya 2 - 3 cangkir sehari. 

5. Sleep apnea 
Susah tidur selanjutnya adalah ketika tubuh mengalami sleep apnea. Gejala ini ditandai dengan kelelahan yang luar biasa, mendengkur keras, mood swing, sakit kepala dll.

6. Pola makan buruk
Salah satu penyebab sulit tidur adalah ngemil dimalam hari. Kurangi makanan ciki dan gorengan saat hendak tidur, maka tidur anda akan nyenyak. 

7. Penggunaan gawai
Teknologi memang sangat menyenangkan, kita bisa bermain game online, chat dengan teman tanpa batasan ruang dan waktu. Namun, perlu juga diterapkan batasan agar tubuh tidak sakit, sakit mata misalnya.

Cahaya hp dan televisi tidak baik untuk kesehatan mata. Usahakan kurangi bermain hp atau menonton tv saat akan pergi tidur. 

Ciptakan suasana tenang menjelang tidur. Sebab, cahaya tersebut dapat mengganggu kesehatan tubuh, menurunkan produksi melatonin, dan membuat tubuh bersemangat sehingga sulit untuk terlelap. 

8. Tidur siang
Tidur siang adalah penyebab paling umum yang bisa membuat kita susah tidur dimalam harinya. 

Batasi waktu tidur siang, misalkan dari 3 jam menjadi 2 jam. Dengan demikian maka tubuh akan mudah terlelap dimalam harinya. 

9. Overthinking 
Setelah beraktivitas seharian, biasanya pikiran kita akan membuat planning untuk masa depan. 

Malam hari saja belum terlewat, tetapi pikiran kita sudah kemana-mana. Jadi, usahakan untuk menghilangkan overthinking dengan membuat jurnal. Dengan demikian, planning akan terencana dengan baik dan bisa memaksimalkan kesempatan yang ada. 

10. Kamar tidur kurang nyaman 
Kamar adalah surga bagi setiap orang. Setelah lelah bekerja atau beraktivitas seharian, kamar adalah tempat ternyaman untuk melepas penat. 

Jika kamar kita berantakan, tentu akan menjadi masalah bukan? Selain tidak sehat, itu bisa membuat tidur kurang nyenyak. 

Jadi, pastikan kasur yang kita tiduri bersih dan bebas dari kotoran. Anda juga bisa menambahkan pengharum ruangan agar lebih betah berlama-lama di dalam kamar. Selamat mencoba ya!
Neni Virginia
Neni Virginia Just a student not blogger. Thanks for visit my page, dan jangan lupa subscribes. BIG THANKS!

Post a Comment for "Ketahui Penyebab Insomnia Agar Tidur Lebih Nyenyak"