Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berat Badan Semakin Naik Saat Berpuasa? Simak Penyebabnya

Menurut yahoo berita, Puasa adalah aktivitas menahan diri dari lapar mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Unsplash.com/Totalshape

Banyak orang beranggapan jika puasa adalah cara alami untuk diet, menurunkan berat badan. Namun, ada juga beberapa orang lainnya yang justru berpuasa malah menambah berat badan, kok bisa? Penyebabnya ada dibawah ini

1. Makanan Manis

Setelah menahan lapar dan haus seharian, pasti kita sering menginginkan banyak makanan atau takjil. Biasanya, takjil berbahan dasar gula yang cukup banyak seperti es buah, kolak dll. Dan gula merupakan alasan yang bisa membuat tubuh anda malah gemuk.

Hal ini terjadi karena saat tubuh mengkonsumsi makanan / minuman yang manis, maka tubuh akan mengeluarkan insulin, hormon ini menyebabkan tubuh akan menimbun lebih banyak lemak. 

Gula, jika dikonsumai dalam jumlah yang wajar tentu tidak apa-apa, namun jika berlebihan akan menimbulkan penyakit seperti diabetes, obesitas dll. 

2. Kurang Mengkonsumsi Makanan Probiotik/Prebiotik

Tubuh memerlukan probiotik untuk mendapatkan bakteri baik yang memiliki peran untuk melancarkan pencernaan, sehingga dapat melindungi tubuh dari bahaya. 

Dengan hal itu, pencernaan bisa lancar dan lemak jahat yang ada di tubuh dapat dikeluarkan dengan baik.

Beberapa makanan yang baik untuk usus antara lain, sayuran segar, rempah-rempah, teh dll. Sementara makanan probiotik bisa didapatkan pada yogurt, kimchi, kefir dll.

3. Menghindari hal berlemak

Tidak semua lemak itu buruk, ada juga lemak baik yang menyehatkan. Salah satu contoh lemak baik bisa didapatkan pada minyak kelapa dan alpukat. 

Makanan lain yang terdapat lemak baik yaitu, kacang-kacangan, biji-bijian, kuning telur dll. Dengan mengkonsumsi makanan ini, maka perut akan terasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat menenkan nafsu makan yang berlebihan.

4. Stress berlebihan

Tidak hanya buruk untuk pikiran, stress juga memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. 

Stress menyebabkan tubuh mengeluarkan kortisol, yang artinya zat tersebut memiliki peran untuk mengingatkan tubuh agar mengkonsumsi makanan lebih banyak. Selain itu, jika merasa stress seseorang sulit untuk mengkonsumsi makanan yang tepat, jadi cenderung sesuai mood mereka.

Untuk mengurangi stress, anda bisa melakukan beberapa aktivitas ringan seperti ber-olahraga, mendengarkan musik favorit, bermeditasi dll. 
Neni Virginia
Neni Virginia Just a student not blogger. Thanks for visit my page, dan jangan lupa subscribes. BIG THANKS!

Post a Comment for "Berat Badan Semakin Naik Saat Berpuasa? Simak Penyebabnya"