Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Sayuran yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Unsplash.com/Dan Gold

Banyak orang mengidamkan berat badan ideal, khususnya wanita. Selain merasa lebih percaya diri, memiliki tubuh yang ideal juga menandakan bahwa anda sehat secara jasmani. Namun, masih banyak orang yang malas untuk ber-olahraga. Padahal, dengan kita bergerak, maka akan banyak sekali kalori yang terbakar, membakar lemak, dan membuat tubuh lebih segar.

Tapi jangan khawatir, menurunkan berat badan tidak melulu dengan ber-olahraga. Mengkonsumsi sayuran sehat juga disebut efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat berat badan cepat turun.  Ada beberapa menu sayuran yang bisa anda dapatkan dengan mudah dan murah. Anda juga bisa memasukkan sayuran berikut ini ke dalam menu sarapan atau program diet.


1. Mentimun

Mentimun biasanya disajikan untuk lalapan, tapi siapa sangka jika ternyata mentimun dapat mendorong berat badan agar cepat turun. Hal ini karena mentimun rendah kalori, dan memiliki konsistensi energi yang rendah, artinya anda akan jarang merasa lapar sehingga nafsu untuk makan lagi akan berkurang. Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardl. BMedSc,. Hons dari klik dokter, mengatakan bahwa timun juga mengandung serat tinggi, jadi sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi mentimun baik jika didampingi dengan makanan utama, hal ini karena kebutuhan anda tetap terpenuhi dengan baik. Jika anda memilih mentimun sebagai program diet kurang tepat karena mentimun tidak baik jika disantap selama 7-4 hari karena tidak menyediakan kalori yang cukup dan sumber nutrisi yang lengkap.


2. Cabai

Ada yang bilang “jika tidak pedas, tidak nikmat”. Itu adalah kata yang sering diucapkan orang pecinta pedas. Selain menambah rasa nikmat pada makanan, mengkonsumsi makanan pedas juga memiliki manfaat untuk menurukan berat badan. Seperti yang dikatakan oleh aladokter.com bahwa mengkonsumsi makanan pedas yang kaya akan kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai rawit, cabai merah, maupun jalapeno, dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah normal.


3. Daun Seledri

Selain untuk bumbu masakan, seledri juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Menurut YOUVIT Nutrition Specialist Rachel Olsen mengatakan bahwa mengkonsumsi seledri bukan hanya sekedar mengikuti trend belaka, namun terbukti efektif untuk menghancurkan lemak.

Menurutnya, cara terbaik untuk mengkonsumsi seledri ada di pagi hari. Caranya mudah, dengan di blender saja dan diminum secara rutin dipagi hari saat perut masih kosong.


4. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran antibakteri, dan dapat menambah sistem kekebalan tubuh. Sayuran ini sangat dianjurkan bagi anda yang menjalankan program diet, atau sedang menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan brokoli kaya akan serat, nutrisi, dan memiliki kadar air yang cukup tinggi yang membuat anda tidak akan mudah lapar dan mampu mengurangi produksi lemak dalam tubuh.


5. Bayam

Bayam mengandung banyak vitamin, diantaranta vitamin, A, C, K, magnesium dan lain-lain. Biasanya bayam dikonsumsi dalam bentuk sayuran, namun ada juga yang mengkonsumsi dengan cara di jus untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat yang tinggi dapat membuat anda kenyang lebih lama. Selain bagus untuk program penurunan berat badan, bayam juga bisa menambah energi, mencegah kanker, memelihara kesehatan kulit dan mampu menjaga penglihatan mata dengan baik.

Diatas adalah 5 jenis sayuran yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Jika anda mengkonsumsinya secara rutin, maka akan terlihat hasilnya. Happy to sharing with you guys, semoga membantu dan selamat mencoba!

Neni Virginia
Neni Virginia Just a student not blogger. Thanks for visit my page, dan jangan lupa subscribes. BIG THANKS!

Post a Comment for "5 Sayuran yang Cocok untuk Menurunkan Berat Badan"